Senin, 14 Januari 2013

Layanan Dropbox

Apa itu Dropbox ?

     Dropbox adalah layanan cloud yang memberi akses kepada kita untuk menyimpan gambar, dokumen, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau deviece lainnya yang memakai aplikasi dropbox.
     Intinya dengan dropbox kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat di komputer tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Jadi setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai dropbox juga. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu, setelah itu harus mendownload aplikasi dropbox tersebut ke komputer anda. 

Cara Memakai dan Setting Dropbox

    Setelah berhasil menginstall Dropbox, kita bisa menambahkan folder dan berbagi dengan teman Anda tanpa harus melakukan cara yang ribet. Kita hanya perlu invite teman ke folder kita, lalu file yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman Anda. Dengan syarat teman anda memakai Dropbox dan online.
    Untuk berbagi folder caranya, login ke website Dropbox. Lalu anda buat sebuah folder di sana, maka folder akan otomatis ada di komputer Anda yang memakai Dropbox. Klik kanan folder itu maka akan ada beberapa pilihan, pilih Shared folder options. Masukan email Dropbox teman anda dan begitu teman anda menyetujuinya maka Anda sudah tersinkronisasi dengan teman Anda.

    Lalu bagaimana caranya untuk berbagi file tanpa harus share folder, seperti mediafire lah?
    Hebatnya Dropbox bisa melakukan itu tanpa kita harus login ke website, men-upload, dan dan meng-copy link. Dan orang yang men-download pun bisa mendownload-nya secara langsung (direct). Caranya, kita tinggal taruh file kita di folder Public. Lalu kita klik kanan file yang simpan dan pilih Dropbox > Copy public link.

Manfaat Dropbox

1. Sebagai File Sharing... 

2. Dropbox sebagai backup 
    Dropbox merupakan sistem backup yang mendukung versioning, yaitu dapat menyimpan beberapa versi dari file tersebut yang dapat diambil kalau kita membutuhkannya. Untuk versi Dropbox gratis dapat menyimpan lima versi saja, sedangkan untuk yang berbayar dapat menyimpan sampai dengan …. versi. Miriplah dengan sistem kerja Time Machine,
    Versioning dropbox telah menyelamatkan banyak jam kerja saya karena salah timpa berkas. Dan enaknya, adalah sistem backup dropbox dilakukan otomatis.

3. Sebagai Web Hosting
    Ingin punya website tapi tidak mau bayar domain dan hosting. Dengan Dropbox bisa lho. Buatlah sebuah folder di dalam Public, sebagai tempat hosting.
    Untuk domain, Anda bisa memakai layanan pemendek URL. Misalnya http://bit.ly/situskerenku
Untuk pembuatan situs, Anda bisa menggunakan iWeb. Simpan saja hasil desain dari iWeb di folder tadi. Situs Anda pun bisa di lihat oleh sejagat internet.

4. Dropbox sebagai PDF viewer
    Dropbox versi iOS dapat membuka berkas yang umum dipakai, salah satunya PDF. Anda dapat membuka berkas PDF langsung di aplikasi Dropbox iOS. Dropbox akan meng-cache berkas PDF tersebut, supaya Anda bisa membukanya lagi dan lagi tanpa harus mengunduh berulang-ulang.

5. Singkronisasi iTunes
    iTunes bisa mempunyai banyak Library sekaligus. Tekan dan tahan tombol Option ketika iTunes dijalankan. Maka akan keluar dialog pemilihan Library. Anda bisa memindahkan Librari ke Dropbox. Tapi, kalau data iTunes lebih dari 2GB, mau gak mau harus beli ruang tambahan.

6. Ungah dan berbagi screenshot
    Sebagai sebuah aplikasi file sharing Dropbox membuak kesempatan bagi aplikasi lain untuk memanfaatkan fitur file sharing. Yang ini namanay GrabBox, yang dapat mengunggah screenshot layar dan memberikan tautan yang bisa Anda bagikan ke teman-teman.

Kelebihan Dropbox


1. Storage
     Sebenarnya maksimal stroge dropbox adalah 18GB untuk free acount. Tetapi secara default kamu diberikan 2GB saja. Untuk mendapatkan 18GB lebih, kamu memerlukan sedikit usaha. Cara menambah ukuran dropbox salah satunya adalah dengan meng-invite teman kamu.
    Setiap teman yang berhasil kamu ajak lewat link kamu, otomatis kamu mendapatkan 500MB, artinya untuk mendapatkan 16GB lagi kamu harus mengajak 32 orang. Kamu juga bisa menambah space dengan beberapa cara lainnnya seperti mengasih review, follow twitter, dll.

2. Fleksibel
     Fitur yang paling saya suka dari cloud tentunya fleksibel atau bisa diakses dimana saja. Tetapi tidak semua aplikasi cloud fleksibel, karena beberapa ada yang tidak menyediakan aplikasi untuk sistem operasi tertentu. Solusinya kita hanya bisa mengakses lewat browser.
    Berbeda dengan itu aplikasi drobox hadir dengan hampir di semua sistem operasi populer, Dropbox for windows, dropbox for iOS, dropbox for android, dropbox for Mac, dropbox for Ubuntu, dll.

3. Full Sharing
     Tidak seperti file sharing lain seperti mediafire atau yang lain, jika ingin share files maka kita harus men-downloadnya lewat website mereka. Dropbox hadir dengan direct download, artinya ketika kita mengklik link yang diberkan, maka file langsung kita download.
.
4. Full Control
     Dropbox juga memberikan hak sepenuhnya kepada kita tentang file yang kita unggah. Maksimal besar file untuk akun gratis yang boleh kita unggah adalah 200 MB. Selama kita tidak menghapus file tersebut, file itu akan tetap ada. Artinya dropbox tidak akan menghapus file kita.
    Kita juga bisa mengkontrol folder mana saja yang ingin kita sync. Caranya, klik kanan icon dropbox pada menu Dropbox Icon > pilih preferences… > Advances > Selective Sync > Pilh folder yang ingin di Syinc.
    Selain itu, kita juga bisa berbagi folder (folder bersama) dengan teman kita, walaupun memakai komputer yang berdeba. Artinya kapan saja kamu mengelola folder itu (tambah, hapus, edit) maka otomatis kamu juga mengubah folder itu di komputer teman kamu dan sebaliknya.
    Syaratnya, kamu harus meng-invite teman kamu ke folder itu.
    Caranya, login ke dropbox site > Klik kanan pada folder yang ingin kamu share > klik invite to folder > msukan email dropbox teman kamu.
Seketika teman kamu akan mendapatkan email undangan dari kamu. Sifat berbagi folder ini privat, artinya orang yang tidak kamu undang tidak bisa mengaksesnya.

Kesimpulan tentang Dropbox

    Dropbox merupakan aplikasi yang sangat fleksibel dan banyak kelebihannya yang dapat dipakai untuk berbagai macam kebutuhan. Dengan akun gratis, kita bisa mendapatkan 2GB yang bisa dipakai singkronisasi dengan banyak komputer tanpa batas.




Sumber : http://www.blogdiar.net/download/4-kelebihan-dropbox-yang-membuat-sharing-lebih-mudah.html
http://www.makemac.com/2010/11/perkenalan-dan-manfaat-dropbox/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor

Know us

Blue Wings

Our Team

Sign by Danasoft - Get Your Sign

Contact us

Nama

Email *

Pesan *