Rabu, 02 Januari 2013

Lembah dan Ngarai

Yang disebut sebagai lembah terpanjang di bumi kita adalah The Great Rift Valley di perbatasan Asia Barat Daya dengan Afrika Timur. Lembah ini merupakan lanjutan dari patahan besar Laut mati. The Great Rift Valley membentang dari kaki pegunungan Taurus hingga ke Danau Tanganyika di Afrika Tengah.





Ngarai Kali Gendaki di Nepal memiliki kedalaman 4403 meter. Ngarai ini memiliki dasar yang lebar, sehingga perbandingan antara kedalaman dengan luas dasarnya tidak banyak.









Yarlung Tsangpo Great Canyon di Tibet menjadi saingan Grand Canyon sebagai ngarai terdalam dan terbesar di dunia. Letaknya di ujung timur pegunungan Himalaya, diukir sungai Yarlung Tsangpo yang menjadi hulu sungai Brahmaputera. Ngarai Yarlung Tsangpo berwarna hijau karena subur, sementara puncaknya diselmuti es. Menurut Richard D. Fisher, ngarai ini memiliki titik terdalam 5954 meter dekat perbatasan Tibet India. Penemu Ngarai Yarlung Tsangpo sebagai ngarai terdalam dunia, ternyata diperdebatkan. The Guiness Book of Record 1996 mencatat Richard D. Fisher dari AS. Pemerintah China mengkonfirmasi ngarai tersebut sebagai yang terdalam bahkan terbesar di dunia. Versi China, ngarai itu panjangnya 504,6 km, titik terdalam 6009 meter, kedalaman rata-rata 2268 meter, dan bagian tersempit dasar sungai 35 meter.






Salah satu ngarai paling spektakuler di Eropa adalah Ngarai Vikos di Yunani Utara. Pada satu tempat kedalamannya 900 meter dengan lebar 1100 meter dari tepi tebing lainnya. Di tempat lain, kedalamannya 1780 meter, tetapi dasar lembahnya jauh lebih besar. 




    Ngarai raksasa Grand Canyon Arizona terletak di utara Arizona dan berada di Taman Nasional Grand Canyon, salah satu taman pertama di AS.  Ngarai yang diukir sungai Colorado ini tetap merupakan ngarai yang paling terkenal. Panjangnya 446 km, dengan lebar dasar rata-rata 10 mil dan kedalaman 1 mil. Pada titik terdalam kedalamannya 6000 kaki, dan pada titik terlebar lebar dasarnya 15 mil. 
    Grand Canyon di AS juga ngarai yang paling banyak pengunjungnya. Tiap tahun Grand Canyon dikunjungi tidak kurang dari 5 juta wisatawan. Sementara Yarlung River Great Canyon terletak di kawasan terpencil yang paling jarang dikunjungi manusia, sehingga keaslian alam dan budaya penduduknya tetap terjaga. 
    
    Kini telah dibangun Skywalk, sebuah jembatan melingkar yang membentuk huruf U. Letaknya di Hualapai Indian Reservation, sekitar 250 mil dari pintu masuk Grand Canyon National Park, Grand Canyon West, Arizona. Jembatan terbuka ini terbuat dari kaca tembus pandang setebal 10 cm. Berat mencapai 500 ton dan ditopang besi baja tebal penahan guncangan. Jembatan itu tampak menggantung . Kamu akan merasa seakan-akan berjalan di atas langit sepanjang 21 meter. Di bawahnya ada jurang sedalam 1,2 km. Kalau kalian pernah naik ke atas Tugu Monas 137 m, itu belum apa-apa. Kalian bisa melihat liuk-liuk sungai Colorado di sana. Agar jembatan kaca itu tetap bersih, pengunjung disediakan sepatu khusus berbahan kain halus agar tetap bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor

Know us

Blue Wings

Our Team

Sign by Danasoft - Get Your Sign

Contact us

Nama

Email *

Pesan *